TIPS Meningkatkan Produktifitas Kerja

Meningkatkan kinerja yang produktif bagi setiap karyawan tentu sangat berguna bagi dirinya sendiri maupun perusahaan. Kamu yang produktif tentu akan dapat menyelesaikan setiap pekerjaan dengan optimal sesuai deadline. Bagi perusahaan, tentu saja juga berperan dalam menunjang operasional dan sistem internal.

Untuk itu, bagi para karyawan harus dapat mengetahui bagaimana menjadi seorang yang produktif. Berikut beberapa tips meningkatkan produktivitas kerja yang bisa kamu lakukan.

1. Tentukan skala prioritas

Untuk bisa lebih produktif, kamu harus dapat bekerja secara efisien. Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan skala prioritas mengenai pekerjaan mana saja yang harus segera dikerjakan.

Ada baiknya kamu kerjakan tugas yang tidak kamu senangi terlebih dahulu. Sebab kalau kamu memulai dari tugas yang disenangi, biasanya kamu akan cenderung menunda pekerjaan lain yang kurang disukai. Akan lebih baik jika kamu fokus pada penyelesaian tugas satu per satu.

2. Siapkan daftar to-do-list

Catatan mengenai daftar pekerjaan apa saja yang akan dilakukan juga penting dalam meningkatkan kinerja yang produktif. Dengan begitu, tugas-tugasmu juga akan lebih terorganisir dengan penjadwalan tersebut. Kamu bahkan bisa membuat atau memperbarui catatan to-do-list tersebut setiap malam untuk hari kerja berikutnya.

Pastikan juga untuk selalu konsisten dengan jadwal dan list yang kamu buat. Dengan begitu, di hari kerja berikutnya kamu tidak perlu panik karena pekerjaan dan tugas yang menumpuk.

3. Fokus dan minimalisir interupsi

Penyusunan rencana pekerjaan diharapkan dapat membuatmu juga dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan sekaligus strategi penyelesaian tugas secara cepat. Akan tetapi, terkadang banyak pekerjaan yang memang harus diselesaikan hari itu sehingga membuatmu merasa stres dan terbebani.

Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah tetap fokus pada penyelesaian pekerjaan satu kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan lain sesuai prioritas. Perkirakan waktu untuk menyelesaikan satu tugas sehingga tidak mengganggu tugas lain yang telah menunggu.

Selain itu, sangat disarankan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan gangguan yang dapat memecah konsentrasi. Misalnya saja konsisten tidak mengecek sosial media ketika sedang menyelesaikan berbagai pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa tetap konsentrasi dan produktif.

4. Siapkan lingkungan kerja yang kondusif

Seseorang biasanya juga akan lebih produktif kalau suasana dan lingkungan kerjanya mendukung. Misalnya jika kamu sedang banyak pekerjaan namun teman-teman kerja banyak yang malas atau sering mengajak ngobrol, ada baiknya kamu hindari terlebih dahulu.

Seseorang yang produktif biasanya juga didukung area kerja yang bersih dan rapi. Jadi jika meja kerjamu terlihat berantakan, rapikan dulu sehingga bisa meningkatkan energi positif pada dirimu saat bekerja.

5. Tingkatkan stamina dengan berolahraga

Tahukah kamu kalau salah satu faktor yang mampu meningkatkan kinerja yang produktif adalah stamina yang baik? Oleh karenanya, kamu perlu berolahraga secara teratur untuk memulihkan tenaga dan membuat tubuh terasa lebih berstamina.

Tidak perlu olahraga yang berat. Jalan kaki atau jogging selama 30 menit bisa kamu jalankan. Kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan workout selama 15-20 menit sebelum bekerja sehingga pikiran juga lebih fresh dan kamu bisa lebih produktif.

#upgradeyourskillwithus#dinussolo#prakerjadinus#produktifikaskerja

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *